PRIMATA (LEMURIDAE)


Lemuridae adalah keluarga prosimian primata asli Madagaskar, dan salah satu dari lima keluarga umumnya dikenal sebagai lemur. Hewan-hewan itu dianggap sebagai pendahulu evolusi dari monyet dan kera, tapi ini tidak lagi dianggap benar.
HABITAT

Gambar 1 . Pulau Madagaskar dan Pulau Comoros

Lemur hanya dapat ditemukan secara alami di kepulauan Madagaskar dan beberapa pulau kecil yang ada disekitarnya, termasuk Pulau Comoros. Pada dahulu kala, para leluhur yang ada di Kepulauan Madagaskar tidak dapat bertahan atau kalah bersaing dengan Monyet, Kera dan jenis Primata lainnya yang termasuk Lemur didalamnya. Ukuran Lemur yang terkecil adalah 30 gram dan ukuran Lemur yang terbesar mencapai 240 kilogram. Pada umumnya, lemur merupakan hewan herbivora, namun ada juga yang memakan serangga. Saat ini Lemur dalam status perlindungan terancam punah, banyak spesies Lemur yang punah pada akhir abad ini yang disebabkan oleh kerusakan hutan dan penebangan pohon.


KARAKTERISTIK


Gambar 2 . Kumpulan Lemur

Anggota lemuridae berukuran sedang primata arboreal, mulai 32-56 cm, termasuk ekor, dan beratnya 0,7-5 kg. Mereka memiliki panjang, ekor lebat dan lembut, bulu wol dari berbagai warna. Para hindlegs sedikit lebih panjang dari kaki depan, meskipun tidak cukup untuk menghambat gerakan sepenuhnya berkaki empat (seperti lemur sportif). Sebagian besar spesies sangat gesit, dan secara teratur melompat beberapa meter antara pohon-pohon. Mereka memiliki rasa yang baik penciuman dan penglihatan binokular. Tidak seperti kebanyakan lemur lainnya, semua kecuali satu spesies lemurid (yang Lemur Ring-tailed) tidak memiliki tapetum lucidum, [3] lapisan reflektif pada mata yang meningkatkan penglihatan pada malam hari.

Lemuridae adalah herbivora, makan buah, daun, dan, dalam beberapa kasus, nektar. Untuk sebagian besar, mereka memiliki rumus gigi: Atas: 2.1.3.3, Bawah: 2.1.3. Dengan lemurids kebanyakan, ibu melahirkan satu atau dua anak setelah periode kehamilan antara 120 dan 140 hari, tergantung pada spesies. Meskipun spesies lemur Ruffed adalah lemurids-satunya yang memiliki liter sejati, yang terdiri dari mana saja dari 2 sampai 6 anak. Mereka umumnya hewan bersosialisasi, hidup dalam kelompok sampai tiga puluh orang di beberapa spesies. Dalam beberapa kasus, seperti Lemur Ring-tailed, kelompok yang tahan lama, dengan hirarki dominasi yang berbeda, sedangkan pada orang lain, seperti Lemur Brown umum, keanggotaan kelompok bervariasi dari hari ke hari, dan tampaknya memiliki tidak ada struktur sosial yang jelas.

TAKSONOMI
Tabel 1. Taksonomi Lemur
Kingdom
Animalia
Phylum
Chordata
Classis
Mamalia
Ordo
Primata
Family
Lemuridae

SISTEM PENCERNAAN
Proses pencernaan dimulai dari : Mulut – Kerongkongan – Ventriculus – Duodenum – Ileum – Rectum – Anus. Terdapat kantung empedu serta saluran empedu dan saluran getah pankreas yang bermuara    dalam duodenum. Sekun (caecum) berdinding tipis dan mempunyai usus buntu berbentuk vermiformis

SISTEM SARAF
Sistem saraf pada lemurids memiliki tingkat perkembangan yang tinggi. Serebrum berukuran lebih besar dibandingkan dengan bagian otak yang lain. Cerebellum memiliki lobus lateral sebanyak dua buah.

SISTEM RESPIRASI
            Layaknya mamalia pada umumnya saluran pernafasan dari hidung ke paru-paru adalah sebagai berikut :  Udara di lingkungan – Hidung – Tenggorokan (laring – trakea) – Bronkus (cabang tenggorokan) – bronkeolus – Alveolus (Paru-paru). Hidung mengandung tulang-tulang turbinal yang berkelok-kelok memperluas permukaan olfaktori.

SISTEM SIRKULASI
Anggota famili lemuridae memiliki jantung terdiri 4 ruang : 2 atrium dan 2 ventrikel yang terpisah secarah sempurna. Pengiriman oksigen ke seluruh tubuh semakin meningkat jika tidak ada pencampuran darah yang kaya oksigen dan miskin oksigen
STATUS KONSERVASI



Gambar 3. Logo CITES dan IUCN

            Kedua organisasi yang memiliki perhatian khusus terhadap kelestarian spesies hewan yakni : IUCN dan CITES secara garis besar merumuskan bahwa anggota-anggota famili lemuridae merupakan spesies yang terancam, tren mereka selalu menurun tiap tahunnya. Sementera CITES secara khusus menempatkan lemuridae pada appendix I yakni hewan tersebut tidak dapat dipelihara dan diperjualbelikan. 
EULEMUR RUFUS


Gambar 4. Lemur Merah

Lemur merah Eulemur rufus merupakan salah satu spesies dari anggota lemuridae yang terdapat di pulau Madagaskar. Awalnya lemur ini diklasifikasikan sebagai subspies lemur coklat Eulemur fulvus. Tetapi semenjak 2008 lemur merah diklasifikasikan sebagai spesies yang berdiri sendiri, berdasarkan atas perbedaan genetik dan morfologik.
Binatang ini tersebar luas di hutan bagian barat laut madagaskar dekat sungai betsiboka hingga sungai tsiribihina di selatan. Sungai tsiribihina menjadi boundary antara lemur merah. Lemur merah berukuran panjang 35 – 48 cm dengan panjang ekor mencapai 45 sampai 55 cm. Bobot dari hewan ini dapat mencapai 2,2 hingga 2,3 kilogram. Lemur merah jantan memiliki pipi berwarna putih ataupun krem, sementara lemur betina memiliki pipi berwarna krem dan merah.



PROLEMUR SINUS




Gambar 5. Lemur Bambu

Lemur bambu (Prolemur sinus) atau dikenal juga dengan lemur berhidung lebar merupakan lemur dari genus prolemur yang terbesar. Lemur bambu ini dapat berbobot hingga 2,5 kilogram. Memiliki rambut coklat keabuan, telinga dalam yang putih dan panjang badan 40 hingga 60 cm. Binatang mengkonsumsi bambu Cathariostachys madagascariensis yang masih tidak diketahui bagaimana mereka dapat mendegradasi sianida dalam tanaman tersebut. Binatang ini hidup berkelompok dengan sekitar 28 ekor di tiap grupnya. Binatang ini dapat hidup selama 17 tahun jika dipelihara.

HAPALEMUR GRISEUS



Gambar 6.  Lemur Bambu abu-abu


            Lemur bambu abu-abu merupakan lemur bambu yang berukuran keci, yang tinggal di pulau Madagaskar. Mereka banyak ditemukan di hutan-hutan bambu dan sering meloncat dari satu bambu ke bambu lain. Binatang ini memiliki tingkat kelincahan yang lebih tinggi dibandingkan dengan lemur yang lain. The eastern lesser bamboo lemur is gray in colour, sometimes with a red patch on its head. Lemur ini berukuran panjang 284 mm dan panjang ekor sekitar 36,6 mm.


PRIMATA (LEMURIDAE) PRIMATA (LEMURIDAE) Reviewed by kangmaruf on 8:58 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.