DIARE NUTRISIONAL



1.      Etiology dan Pathogenesis
                  Diare dapat disebabkan oleh penyebab sekunder dari hal-hal ini :
a.       lngesta susu yang berlebihan. Hal ini dapat terjadi dengan anak kuda yang memiliki nafsu makan yang tinggi atau ketika anak kuda bertemu kembali dengan induk untuk menyusu setelah periode pemisahan. Normalnya, gumpalan susu terbentuk di perut dalam beberapa menit, dan dan kemudian usus halus menyerapnya dalam bentuk whey dalam jumlah tertentu. Ingesta yang berlebihan dapat mengakibatkan jumlah whey yang berlebihan memasuki duodenum, penyerapan yang lebih berat dan mengakibatkan gangguan osmotic, dan akihirnya terjadi  akumulasi cairan dalam usus.
b.      Perawatan yang salah. Anak kuda mencerna susu terlalu cepat atau meminumkan kuda dengan suatu selang khusus dapat mengakibatkan turunya produksi saliva, sehingga mengakibatkan gangguan perncernaan pada susu itu.
c.       perubahan pola makan mendadak
d.      Makanan berserat tinggi. Pakan berserat akan dicerna lebih lanjut di di usus besar, namun pada anak kuda, usus besar belum mampu mencerna makanan berserat ini, akibatnya terjadi gangguan pencernaan dan diare.
e.       Karbohidrat Intoleransi. Intoleransi karbihidrat dalam beberapa kasus dapat menimbulkan infeksi enteric.

2.      Gejala Klins
a.       Feses lembek sampai berair
b.      Gejala lain umumnya normal
c.       Kuda masih memiliki nafsu makan yang baik

3.      Diagnosis
a.       Gejala Klinis
b.      Pemeriksaan Feces
c.       Pemeriksaan Rutin
d.      Pemeriksaan Laboratorium

4.      Terapi
a.       Perawatan mungkin satu-satunya terapi yang diperlukan dalam kasus diare singkat. Apabila masalhnya pada pemberian susu, maka diet susu bisa dilakukan untuk mengurangi tingkat kejadian
b.      Kurangi pemberian pakan yang mengandung serat yang tinggi
c.       Apabila Terjadi Dehidrasi berikan cairan infuse, apabila tidak berikan vitamin
d.      Berikan Enzim yang tersedia (dijual), dan ditambahkan pada susu sebelum pemberian pakan, untuk membantu memecah laktosa menjadi monosakarida




DIARE NUTRISIONAL DIARE NUTRISIONAL Reviewed by kangmaruf on 1:15 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.