Teknik Operasi Granuloma pada Hewan (Bedah Integumen)

Pengertian

Lick granuloma atau dermatitis lick acral atau neurodermitis dermatitis psikogenik umum ditandai dengan infeksi kulit yang mendalam dan penyembuhan yang lambat akibat jilatan pada luka secara berlebihan dan kronis, terutama pada anjing jenis besar dan aktif. Banyak penulis berpandangan bahwa ini adalah penyakit konstitusional. 

Namun, faktor psikologis seperti kecemasan, kebosanan dan stres, hipotiroidisme, trauma lokal, fraktur hadir atau nyeri tulang dan sendi, neuropati, kehadiran benda asing, neoplasia, jamur dan bakteri infeksi, ektoparasit dan etiologi iritasi sekitar kaki dapat menyebabkan kondisi ini. 

Oleh karena itu, pengobatan obat dengan antiseptik, antibiotik, antijamur, anthistamin, antianxietics dan suntikan kortison telah dilakukan dengan hasil yang tidak konsisten. Pada percobaan eksisi diklaim memberikan hasil yang memuaskan.

Penjilatan berulang menyebabkan rambut rontok dan menghasilkan lesi berbagai ukuran dari beberapa sentimeter hingga seluruh permukaan tubuh. 

ALD (acral lick dermatitis) paling sering terjadi pada ras aktif besar, namun anjing kecil mungkin akan terpengaruh juga. Dari keturunan besar Doberman , Jerman Shepard , Great Dane , Golden Retriever , Labrador Retriever dan tampaknya lebih cenderung untuk ALD daripada keturunan besar lainnya. 

Sebagian besar sepakat bahwa ALD adalah gangguan perilaku dengan banyak kemungkinan penyebab. Menjilati diri dan gigitan merupakan pelepas ketegangan untuk anjing yang bosan, terisolasi secara sosial, terkurung untuk jangka waktu yang lama atau dihukum secara fisik terus-menerus oleh pemiliknya. 

Menjilati diri juga dapat disebabkan oleh pemilik overattentive atau gugup yang secara tidak sengaja mendorong perilaku sararfi pada hewan peliharaan mereka. Pengenalan hewan baru atau orang-orang ke dalam rumah juga dapat memulai ALD. 

Hal ini sangat penting jika Anda melihat anjing Anda menjilati terus-menerus bahwa kemungkinan penyebab lain dikesampingkan seperti infeksi bakteri atau jamur, neoplasia, trauma, benda asing dan alergi yang dapat menyebabkan gejala yang sama. 

Dalam rangka untuk menyingkirkan penyebab lain dokter hewan perlu mengambil kultur bakteri, radiografi, pemeriksaan histologis atau tes laboratorium lainnya.

Beberapa percaya bahwa dermatitis alergi inhalansia menciptakan stres pada kulit yang menyebabkan peradangan dan pruritus (gatal) yang memicu kecenderungan anjing untuk menjilat setiap daerah yang gatal. 

Banyak dermatologis berpikir bahwa kebosanan adalah faktor yang mendasari utama dalam beberapa kasus  Lick Granuloma. Kegiatan menjilati diri pada anjing ini membantunya untuk melewatkan waktu yang menurutnya membosankan.

Granuloma Lick secara khusus terlihat pada anjing yang aktif dan ditinggal sendirian oleh majikannya untuk jangka waktu yang lama. 

Satu teori menyatakan adalah bahwa menjilati diri (luka) secara berlebihan menyebabkan endorphin dilepaskan, yang mengurangi rasa sakit dan membuat anjing merasakan euphoric (kenyamanan) sementara, dan berlanjut kepada efek yang menyebabkan anjing kecanduan untuk menjilati luka.

Teknik Operasi

Teknik operasi pada kasus lick granuloma pada kali ini terdiri dari uncomplete acral lick granuloma dan multifactoral acral lick granuloma.

1. Uncomplete Acral Lick Granuloma

Pilihan pengobatan termasuk menggunakan energi laser CO2.
  • Prosedur : Ablation / penguapan dari jaringan granulasi atas pada dermis normal.
  • Anestesi : Pre - medikasi dengan hydromorphone obat penenang / analgesik . Blok cincin lokal dengan menggunakan 2 % mepivicaine infus.
  • Peralatan : 20 - Watt CO2 laser Novapulse ™ dengan straight handpiece dan 1,4 mm ujung logam.
Pengaturan laser
  • Spot Diameter : 1,4 mm
  • Output Power : 15 sampai 20 W
  • Beam Output: 20 Hz pada 50 msec SP

Teknik 

Daerah yang akan dilaser harus dibersihkan dari serpihan dan materi lainnya. Laser CO2 diterapkan untuk menghilangkan bagian atas jaringan granulasi pada daerah yang terkena lesi. Jaringan granulasi harus dihapus turun ke atau sedikit di bawah normal berdampingan epidermal dan dermal lapisan. 

Daerah yang dirawat harus terlihat memerah, hilangkan penumpukan arang(jaringan yang terkena laser) setelah dilakukan laser. Setelah bagian atas selesai, setiap arang yang tersisa harus cepat dibersihkan dari permukaan.

Teknik Operasi Granuloma pada Hewan (Bedah Integumen)
Anjing Bichon Frise 7 tahun yang sudah dikebiri, lick granuloma kronis pada acral kaki depan bagian kanan


Teknik Operasi Granuloma pada Hewan (Bedah Integumen)
Setiap borok yang tersisa harus cepat dibersihkan dari permukaan

Teknik Operasi Granuloma pada Hewan (Bedah Integumen)
Masa pemulihan dimana daerah sekitar lesi telah tumbuh rambut secara normal

2. Multi – Factoral Acral Lick Granuloma

  • Prosedur : Reseksi dan de - bulking granulasi yang berlebihan pada jaringan dengan menggunakan energi laser CO2 . Hal ini diikuti oleh ablasi / penguapan sisa jaringan granulasi yang melapisi bagian dermis normal.
  • Anestesi : Pre - anestesi dengan medetomedine , butorphanol , dan glycopyrrolate . Induksi inhalasi dengan isoflurane oksigen. Pemeliharaan anestesi umum melalui tabung endotrakeal.
  • Peralatan : 20 - Watt CO2 laser Novapulse ™ dengan straight handpiece dan 0,4 mm tip keramik untuk reseksi. Scanner mekanis dengan pola 3 mm untuk memindai ablasi / penguapan sisa jaringan granulasi .
Pengaturan laser :
a. Reseksi
  • Spot Diameter : 0,4 mm
  • Output Power : 10 sampai 15 W
  • Beam Output: SP
b.  Ablatif 
  • Spot Diameter : 3 mm scan pola menggunakan 0,8 mm daisywheel
  • Output Power : 10 W
  • Beam Output: SP
Teknik Operasi 
Wilayah granuloma yang dijilati adalah acral, dievaluasi dan disiapkan secara aseptif. Sebagian besar bagian atas pada jaringan granulasi direseksi pada bagian permukaan luas yang di reseksi . 

Hal ini penting untuk tidak menghasilkan reseksi full-thickness ke daerah fasia,ligamen, tendon, atau struktur otot. Sebagian besar jaringan granulasi dihapus, juga daerah yang kemerahan dan char dihapus. 

Lampiran scanner kemudian diatur untuk ablasi / penguapan dari setiap jaringan granulasi yang tersisa turun atau sedikit di bawah tingkat dermis normal di sekitarnya. Untuk kasus yang parah diperlukan beberapa resurfacing dan resolusi kosmetik .


Teknik Operasi Granuloma pada Hewan (Bedah Integumen)
Anjing English Mastiff usia 3 tahun telah dikebiri terdapat granuloma pada digiti ketiga kaki depan

Terapi

Penganganan granuloma dapat dilakukan dengan aktivitas atau modifikasi lingkungan, pembalutan, pemasangan kolar, obat anti menggigit topical, glukokortikoid, obat-obat lain : floucomlone, acetorid, flurixme menglumil, dimethylsulfoxide, enzim proteolitik.

Hasil pengobatan tidak konsisten dan kekambuhan sering terjadi. Pembedahan tidak umum dilakukan tetapi eksisi lick granuloma dengan pembedahan yang diikuti dengan menggunakan konstruksi operasi langsung, penutup atau grafh dapat dilakukan, kemudian dibalut sampai jahitannya dibuka. 

Namun kekambuhan sering terjadi di tempat yang sama atau di tempat yang lain jika faktor penyebabnya tidak dihilangkan.

Antidepresan yang paling sering digunakan, termasuk doksepin, amitriptyline, fluoxetine, dan clomipramine. Jika faktor-faktor psikologis tidak diperbaiki, umumnya akan kambuh setelah penggunaan obat dihentikan. 

Endorphin blockers seperti naltrexone dapat digunakan untuk mengurangi kecanduan untuk, atau endorphin pengganti seperti hydrocodone dapat menurunkan dorongan untuk menjilat.

Anjing harus diuji untuk alergi, dan diperlakukan sesuai jika ( asam lemak, antihistamin, diet hypoallergic, dan lain lain ) positif. 

Hal ini juga mungkin diperlukan untuk memeriksa tingkat tiroid, seperti hypothyroidisme yang umumnya muncul pada beberapa kasus, khususnya di retriever Labrador hitam; obat tiroid sering akan menyelesaikan masalah jika itu karena hipotiroidisme

Perawatan Lesi

Licking dapat dicegah dengan penggunaan kerah Elizabethan , membungkus baterai yang disempurnakan , perban , anti - menjilati salep, dan strip anti - lick. Hal ini penting untuk menangkap lesi awal dan menjaga anjing menjilati untuk mengurangi peradangan. 

Obat topikal seperti kortikosteroid atau DMSO bersifat efektif apabila digunakan lebih awal. Lesi kecil dapat disuntik dengan triamsinolon atau metilprednisolon. Antibiotik oral dapat digunakan untuk mengendalikan infeksi.


Referensi :

Das, A.K, U.Das; D.K.Das and J.Sengupta (2009): Uncomplete Acral Lick Granuloma . Vet. Rec. 84:124.

Higgins, A.A. (2010): Observation on the canine Granuloma as seen in the Bahamas. Vet. Rec; 79: 67-71.

Kimato, B. and G.M.Mugera (2):  Multi-Factoral Acral Lick Granuloma of dog in Kenya. Bull. of animal health and prod. 22(4): 327-329

Moulton,J.E. (2008): Tumours of domestic animals, third revised edun; (University of California Press, Barkely & Los Angeles) 10:498-502.
Teknik Operasi Granuloma pada Hewan (Bedah Integumen) Teknik Operasi Granuloma pada Hewan (Bedah Integumen) Reviewed by kangmaruf on 5:04 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.