Cara Memasang IV Catheter pada Hewan Kecil

Tahap-tahap pelaksanaan pemasangan infuse adalah sebagai berikut :

Cara Memasang IV Catheter pada Hewan Kecil
Jenis jarum IV Catheter



  1. Letakkan pasien pada posisi yang nyaman
  2. Identifikasi vena yang akan dikanulasi
  3. Cuci tangan dan gunakan sarung tangan non
  4. Pasang torniket pada lengan yang akan dikanulasi, nadi harus tetap teraba.
  5. Bersihkan bagian kulit dengan larutan alcohol 70%, biarkan sampai kering dan jangan raba atau sentuh lagi bagian tersebut.
  6. Buka iv-catheter yang sudah dipilih ukurannya, pegang dengan posisi bevel stylet menghadap keatas.
  7. Pegang tangan pasien dengan tangan kiri, gunakan ibu jari menekan dan fiksasi (untuk stabilisasi) distal vena yang akan dikanulasi
  8. Pegang iv-catheter sejajar vena, dan membentuk sudut 100-300 dengan permukaan kulit, lakukan insersi (tusukan). Bila iv-catheter sudah masuk yang ditandai dengan adanya darah yang masuk kedalam chamber (flash back), kemudian datarkan iv-catheter untuk mencegah tertusuknya dinding posterior dari vena, sorong masuk ± 1 mm.
    Cara Memasang IV Catheter pada Hewan Kecil
    Memasukan IV catheter (sumber : dreamstime.com)
  9. Tarik stylet perlahan dan darah harus terlihat masuk kedalam iv-catheter, hal ini memberi konfirmasi bahwa kanula berada dalam vena.
  10. Sorong masuk iv-catheter kedalam vena dengan perlahan, bebaskan torniket, masukkan stylet kedalam kantong sampah benda tajam.
  11. Flush iv-catheter untuk memastikan patensi dan mudahnya penyuntikan tanpa adanya rasa sakit, resistensi, dan timbulnya pembengkakan.
  12. Fixasi iv-catheter dengan moisture-permeable transparent dressing ( supaya bila ada phlebitis atau dislodge dapat terlihat)


Cara Memasang IV Catheter pada Hewan Kecil Cara Memasang IV Catheter pada Hewan Kecil Reviewed by kangmaruf on 11:51 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.