Hemat Pengeluaran Uang, dengan Groming Anjing Sendiri

Banyak pemilik anjing jauh lebih memilih untuk menyerahkan urusan mencukur rambut anjingnya pada ahli grooming. Hal itu wajar karena itu adalah jenis pekrjaan yang memerlukan keterampilan dan pengalaman, terutama pada anjing berambut panjang, dan terus tumbuh cepat.

Tetapi itu bukanlah alasan bahwa anda tidak bisa menjadi pencukur rambut anjing yang hebat. Kenapa? karena beruntungnya bahwa rambut anjing akan terus tumbuh kembali, kira-kira 1 cm perbulan, jika anda mau mencoba memulainya sedikit demi sedikit anda dapat menguasai teknik ini secepatnya, dan semakin baik.



Hemat Pengeluaran Uang, dengan Groming Anjing Sendiri
Grooming anjing sendiri (sumber gambar : www.doggroominglincoln.co.uk)


Peralatan

Alat pencukur umumnya dapat anda beli sendiri, dan harganya masih terbilang murah. Dan anda juga dapat memilih pencukur mana yang cocok untuk anda, daripada terus menyewa jasa grooming. Beberapa alat cukur dapat ditajamkan kembali, sehingga pemakaiannya dapat lebih lama/awet. 

Ketika kita (manusia) menggunakan pencukur, biasanya kita kan memakai pelindung pelastik untuk memotong bagian yang lebih panjang. Namun hal ini sayangnya tidak begitu berguna untuk hewan. 

Rambut di sekitar telinga dan cakar, gunting tajam jauh lebih berguna, dan beberapa area yang tidak dapat dijangkau oleh pencukur. Dan setelah dicukur pastikan anda juga memperlakukan hewan anda dengan baik, dan sikat dengan benar.

Bersiap-siap

Ketika anda sudah siap, idealnya carilah orang yang dapat membatu memegangi anjing anda. Pencukur akan lebih aman melakukan tugasnnya diposisi dibelakang punggung anjing. Mencukur di atas meja mungkin bisa menjadi langkah bagus untuk tetap menjaga anjing anda agar tidak bergerak, tetapi pastikan meja yang dipakai tidak licin, jika demikian gunakan kain.


Seberapa Seringkah?

Idealnya pencukuran dilakukan tiap 6-8 minggu sekali, terutama jika bulu mudah sekali bergerombol dan panjang. 

Namun jika anda sering menyisir rambut anjing anda, dan mencegah rambutnya bergerombol atau kusut, maka pencukuran tidak perlu dilakukan serutin di atas, namun jika rambut anjing anda cepat tumbuh panjang dan kusut, maka pencukuran atau perawatan rambut harus dilakukan lebih sering lagi.

Dalam beberapa hal, pencukuran bulu ini dapat mengurangi perlindungan tubuh anjing terhadap dingin. Namun bagi anjing yang mudah merasa panas, maka pencukuran rambut dapat memmbantu mendinginkan suhu tubuh dan utamakan tempatkan anjing dibawah tempat yang teduh.

Merawat Pencukur

Untuk menjaga pencukur tetap bersih dan dapat digunakan dengan baik, ada baiknya jika anda membeli juga spray pencukur untuk menjaga mata pisau pencukur tetap bersih dan licin. 

Spray dapat digunakan manakala mata pisau menjadi panas ketika mencukur. Sama seperti benda lainnya, mata pisau ini juga dapat tumpul sewaktu-waktu. 

Sehingga anda harus menggunakan dan merawat benda ini secara profesional. Setelah menggunakan pencukur, sikat dengan sikat gigi bekas untuk membersihkan rambut yang tersisa, dan gunakan juga minyak pembesih atau spray pencukur.

Ini adalah sedikit tips untuk melakukan pekerjaan ini dengan benar. Pilihlah tempat yang tenang, bebas dari gangguan dan ingat, rambut akan berjatuhan dimana-mana, jadi pilihlah tempat yang mudah untuk dibersihkan.

  1. Jika anjing anda sangat kotor, dan anda memilih untuk memandikannya terlebih dahulu, gunakanlah shampo yang dibuat untuk hewan.
  2. Ketika rambutnya kering, sikat bersih
  3. Gunakan pencukur berdasarkan perkiraan panjang rambut (sesuai anjuran pakai)
  4. Gunakan gunting untuk bagian yang sulit dicukur, dan menggunting kuku kakinya
  5. Untuk bagaian cakar, celah-celah jari, gunakan gunting untuk mebersihkannya, namun anda bisa menggunkana pencukur dibagian bawah kaki
  6. Disekitar mata, pastikan tidak ada rambut yang dapat mengganggu penglihatan anjing anda
  7. Setelah hal diatas, sikat anjing anda agar rambut-rambut yang tersisa berjatuhan, lalu mandikan ia.


Tips khusus untuk anjing yang mudah panik

Jika anjing anda mudah panik dengan pencukur, berikan ia perlkuan khusus, dan biarkan a mengenali pencukur itu dari suara pencukur terlebih dahulu untuk membiasakannya. 

Usahakan proses di atas tadi berlansung singkat, dan berikan anjing anda pujian sesering mungkin, perhatian dan perlakuan baik sangat membantu, bahkan dalam waktu yang singkat.

Seseorang yang dapat menghibur anjing anda sebagi pengalih perhatian juga sangat membantu saat perawatan dan pencukuran pada anjing yang mudah panik. 

Untuk hewan peliharaan yang cenderung gelisah, justru akan jauh lebih penting untuk melalukan grooming di rumah anda, sehinga anda dapat menghabiskan waktu bersam peliharaan anda dan hewan anda juga akan menyesuaikan diri dengan proses tersebut.

Anjing berbulu kusut

Untuk anjing yang memiliki rambut kusut, terkadang menggunakan pencukur bisa sangat menyakitkan bagi mereka.. Sehingga akan lebih baik jika anda menggunakan sisir khusus terlebih dahulu. Jika hal ini masih belum begitu mendekati kulit, gunakan pencukur dengan pengaturan yang lebih pendek akan menjadi pilihan yang baik. 

Jika proses ini menjadi lebih sulit dan menyakitkan bagi anjing anda, diskusikan hal ini dengan dokter hewan anda, dan dokter hewan anda akan memberikan obat penenang dan prosedur ini akan diselesaikan dirumah sakit hewan.


Proses grooming, dapat mengikat hubungan anda dengan peliharaan anda, dan saya harapanda dapat menikmati skill baru anda. Dan jika anda sudah menguasai dasar ini, biarkan imajinasi anda keluar dan coba carilah beberapa pengetahuan lain tentang grooming ini

Selamat mencoba.
Hemat Pengeluaran Uang, dengan Groming Anjing Sendiri Hemat Pengeluaran Uang, dengan Groming Anjing Sendiri Reviewed by kangmaruf on 12:02 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.